HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Tanjung Balai

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Tanjung Balai

RAPAT BULANAN PERIODE JUNI 2020 PENGADILAN NEGERI TANJUNG BALAI

on Kamis, 11 Jun 2020. Posted in Kegiatan Pengadilan

RAPAT BULANAN PERIODE JUNI 2020 PENGADILAN NEGERI TANJUNG BALAI

TANJUNGBALAI-HUMAS/IT - Rabu 11 Juni 2020. Pengadilan Negeri Tanjung Balai telah melaksanakan Rapat Bulanan Periode Juni 2020, di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Tanjung balai pukul 09.00 Wib, yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Balai  Dr. Salomo Ginting,S.H.,M.H. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Balai Bapak Dedy Adi Saputra,S.H.,M.H. Panitera Bapak Osdin Sidauruk,S.H.,M.H. Sekretaris Bapak Irwan Santoso,S.T., serta diikuti oleh seluruh Hakim, Pegawai dan Honorer Pengadilan Negeri Tanjung Balai.

Adapun Rapat dibuka dengan menyanyikan lagu Himne Mahkamah Agung Republik Indonesia. Rapat ddibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Balai tentang evaluasi kinerja Pengadilan Negeri Tanjung Balai. Setelah itu dilanjutkan dengan Laporan Hakim Pengawas bidang masing masing.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Balai, DR Salomo Ginting, S.H., M.H., menghimbau seluruh Hakim, para Panitera Muda, dan para Panitera Pengganti untuk lebih meningkatkan disiplin dalam melakukan penginputan data perkata ke dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). “Setelah kami pimpinan melakukan evaluasi, Pengadilan Negeri Tanjung Balai hanya memperoleh nilai sebesar 853.34 poin dalam evaluasi implementasi SIPP yang dirilis oleh Dirjen Badilum. Kita harusnya mampu menembus nilai 900 poin agar dapat dipercaya oleh Dirjen Badilum untuk mengkonversi register perkara manual ke register elekteronik. Oleh sebab itu, saya telah membentuk Tim Satuan Tugas SIPP pada Pengadilan Negeri Tanjung Balai untuk memantau, mengawasi, dan memeriksa penginputan data melalui aplikasi SIPP. Mari kita bekerja sama untuk terus meningkatkan kedisiplinan dalam menginput data perkara ke dalam SIPP. Kepada Tim Satgas SIPP Pengadilan Negeri Tanjung Balai, diminta untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk membantu dalam upaya kita bersama meningkatkan nilai hasil evaluasi implementasi SIPP kita”, imbuhnya. 

Selanjutnya Bapak Dedy Adi Saputra, S.H., M.Hum., selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Balai sekaligus sebagai Koordinator Pengawasan juga menghimbau agar pelaksanaan tugas seluruh Hakim, Pejabat Struktural maupun Fungsional, Panitera Pengganti dan para staff Pengadilan Negeri Tanjung Balai untuk selalu memaksimalkan kemampuan dan meningkatkan produktivitas kerja sehingga Pengadilan Negeri Tanjung Balai menjadi lebih baik kedepannya. “Setelah menerima hasil pengawasan rutin pada setiap bidang dari para Hakim Pengawas Bidang, kami menilai masih ada beberapa aspek yang mempengaruhi produktivitas kinerja Bapak/Ibu sekalian. Untuk itu, demi meningkatkan produktivitas kinerja kita semua, saya telah menginstruksikan tim IT beserta Hakim Wasbid PTIP Pengadilan Negeri Tanjung Balai untuk melakukan pembatasan terhadap akses internet yang tersedia di kantor ini. Jadi, Bapak/Ibu semua tidak dapat lagi membuka situs ataupun aplikasi yang tidak bermanfaat bila menggunakan jaringan internet Kantor. Fasilitas internet kantor diprioritaskan untuk mengakses SIPP, MIS, Web Browser untuk keperluan riset”, imbuhnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada para Hakim Pengawas Bidang untuk memaparkan temuannya masing-masing dan meminta kepada setiap bagian untuk segera menindaklanjuti hasil temuannya tersebut. Setelah itu, acara rapat bulanan kemudian dinyatakan selesai.

Setelah rapat bulanan selesai, acara dilanjutkan dengan Opening Meeting pelaksanaan audit internal dalam rangka Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Negeri Tanjung Balai. Selaku Lead Auditor yang ditunjuk, Bapak Joshua J.E Sumanti, S.H., telah memaparkan apa saja yang perlu diperiksa oleh para auditor internal dalam melaksanakan audit internal nantinya. “Dalam rangka pelaksanaan audit internal untuk kebutuhan Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Negeri Tanjung Balai, diminta kepada Bapak/Ibu Hakim auditor internal yang telah ditugaskan untuk memeriksa betul Standard Operational Procedure (SOP) dan kelengkapan administrasi pada masing-masing bidang yang akan diaudit. Dalam surat tugas Bapak/Ibu Hakim selaku auditor internal, telah turut dilampirkan jadwal pelaksanaan audit sehingga pelaksanaan audit internal dapat berjalan maksimal. Perlu diingat bahwa penunjukan Bapak/Ibu Hakim selaku auditor internal dilakukan secara cross designation atau penunjukkan silang. Dengan kata lain Bapak/Ibu auditor internal semua akan memeriksa bidang yang berbeda dengan bidang yang Bapak Ibu/Ibu periksa ketika melakukan pengawasan bidang (Wasbid). Kepada para Panmud dan Kasubag yang menjadi auditee, diminta untuk menyiapkan seluruh SOP dan kelengkapan administrasi yang berkaitan dengan tupoksinya sehari-hari. Semoga melalui proses audit internal dalam rangka pemeliharaan Akreditasi Penjaminan Mutu ini, kualitas kinerja dan performa dari Pengadilan Negeri Tanjung Balai dapat lebih meningkat dan menjadi lebih baik lagi kedepannya”, imbuhnya.

Sebagaimana direncanakan, audit internal akan berjalan selama 3 (tiga) hari, pada tanggal 11,12, dan 15 Juni 2020 di Pengadilan Negeri Tanjung Balai. Hasil audit internal nantinya akan ditindaklanjuti oleh para auditee yang mana hasil tindak lanjutnya tersebut akan dipaparkan dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang telah dijadwalkan. (JJES)